11 Mei 2012

Kiat jitu berburu buku


www.sayangyogya.blogspot.com
Perkembangan teknologi yang semakin pesat memberikan banyak perubahan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya sebagai alternatif dalam media pubikasi. Pada  tahun 2000-an internet mulai populer di Indonesia. Walaupun penggunanya belum banyak seperti sekarang, kehadiran internet merubah pola pencarian informasi baik yang bersifat ilmiah, wacana/opini, maupun karya-karya sastra. Informasi-informasi tersebut dulunya diperoleh melalui media cetak seperti koran, majalah, ataupun buku-buku cetak. Kemudian melalui media elektronik visual seperti televisi. Namun kenyataannya sampai sekarang masih saja banyak  “pengemar setia” media cetak terutama dalam bentuk buku.

Masalah yang sering dihadapi pengemar buku adalah kesulitan atau kebingungan dalam memilih buku. Apalagi jika Anda berkunjung ke toko buku. Jadi sebelum memilih buku, ada baiknya Anda mencermati langkah-langkah berikut.

Pertama, Tentu saja anda harus tahu jenis buku favorit Anda. Misalnya buku fiksi atau non fiksi. Kenali pula genre nya. Untuk buku fiksi seperti horor, humor, drama, detektif dan lain-lain. Untuk buku non fiski (ilmiah) seperti filsafat, ekonomi, politik, kesehatan, lingkungan hidup, budaya, seni, teknologi dan lain-lain.

Kedua, akan lebih baik jika Anda telah mengenali penulis buku. Ini akan mempermudah pencarian buku. Anda juga perlu mengetahui penerbit buku. Penerbit buku yang telah dikenal umum biasanya akan menyajikan buku-buku yang berkualitas, terutama buku-buku terjemahan dibandingkan penerbit-penerbit independent.

Ketiga, sebelum memutuskan untuk membeli buku, sebaiknya baca dulu ringkasan dihalaman paling belakang buku atau kata pengantar dibagian halaman depan. Selain itu, sebagian besar buku ada berbagai macam komentar dari para ahli ataupun pengamat tulisan yang bersangkutan yang disisipkan pada halaman tersebut. Hal ini bisa membantu Anda untuk mengambarkan secara kasar kualitas dari isi buku.

Kempat, kumpulkan rekomendasi tentang buku-buku berkualitas dari teman, keluarga, guru, dosen, atau orang terdekat yang memiliki bacaan bergenre serupa dengan buku yang kamu cari.

Kelima, cobalah menggali informasi dari berbagai media massa yang mengulas tentang sebuah buku. Biasanya surat kabar, majalah atau internet (terutama penjualan buku secara online) menyajikan sinopsis atau resensi buku.

Keenam, cara lain untuk mengetahui perkembngan buku terbaru dan berkualitas adalah dengan cara bergabung dengan komunitas pencinta buku di kota Anda atau berpartisipasi dalam situs jejaring sosial pencinta buku.

Ketujuh, agar wawasan tentang buku bertambah, maka cobalah singgahi toko-toko buku kecil, pusat penjualan buku bekas, perpustakaan, dan tempat penyewaan buku. Anda bisa bertanya pada pemilik toko atau penyewaan buku tentang buku-buku yang berkualitas. Jangan remehkan buku bekas. Karena terkadang buku bekas adalah buku yang termasuk langka dan bisa jadi kualitas kontennya tak kalah dengan buku-buku baru. 

Selamat berburu buku!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar