24 April 2012

Tips Sederhana Menggali Inspirasi


Image : http://saralenci.blogspot.com
Bagi sebagian orang yang bekerja dengan mengandalkan hal unik sebagai produk akhirnya, inspirasi merupakan kebutuhan yang tak terelakkan. Namun, terkadang inspirasi semakin sulit dicari terutama seolah semua sudah tercurah habis-habisan.

Faktanya, semua pekerjaan memerlukan gagasan-gagasan segar walaupun profesi dalam dunia tulis-menulis, desain, atau seni dapat dikatakan sebagai “konsumen” ilham yang paling banyak. Ketika kehabisan ide, kemanakah harus mencari?


Alam
Ribuan kali telah dikumandangkan bahwa alam merupakan sumber inspirasi yang tidak pernah habis. Namun, banyak orang yang belum mengerti  bagaimana alam dapat dijadikan sebagai kajian sempurna.
Kayla Knight (2009), seorang mahasiswi yang bekerja sebagai web-designer, dalam situs www.sixrevisions.com mengungkapkan paling tidak ada dua cara memanfaatkan alam. 

Pertama,  lihat dari persepsi yang berbeda, sesuatu yang biasa akan nampak menarik. Usahakan berfokus pada tema, atau sudut pandang terentu untuk ide yang orisinal. Kedua,  amati lebih dekat untuk mendapatkan karakter yang belum didapatkan hanya dalam sekelebat mata. Dengan mengenal lebih dalam, tentu akan terlihat banyak sisi mengagumkan yang tadi tersembunyi.

Kota Tempat Tinggal
Jangan mengira kota Anda tinggal sama sekali tidak menarik dijadikan inspirasi. Luangkan waktu sejenak untuk berkeliling dan menjelajahi tempat “harta” itu terpendam. Contohnya, Anda bisa mengamati patung-patung dan arsitektur bangunan, atau menyambangi taman kota, fasilitas umum, dan pusat perbelanjaan untuk melihat berbagai aktivitas manusia yang kadang “tidak biasa”. Perpustakaan adalah salah satu aset pengumpul ide berbagai imajinasi yang dapat dipertanggungjawabkan.

Rumah
Sungguh berharga rumah yang Anda miliki karena menyimpan banyak titik penuh ide, bahkan ditempat “khusus” seperti kamar mandi, toilet, tempat tidur, maupun ruang sunyi di loteng rumah.

Barang-barang di sekitar
Benda-benda seperti majalah, kover kaset, buku, papan reklame, dan kartu nama ternyatamenyimpan hasil karya dan desain yang cukup memberi ide segar.

Mencari inspirasi bukan berarti menyontek karya-karya orang lain, karena itu yakinlah bahwa buah pikiran kita pun tidak kalah “menarik”. Selamat berburu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar