28 April 2012

Pentingnya Merawat Baterai “Notebook”


Komputer jinjing dewasa ini sangat dirasakan manfaatnya bagi mereka yang memiliki mobilitas. Siapa pun akan terbantu dengan adanya piranti ini.

Selain berfungsi menyelesaikan tugas, perangkat ini dapat dijadikan alat komunikasi ataupun pencari informasi di dunia maya. Agar dapat bekerja optimal, terutama saat dibawa bepergian, sumber daya yang memadai dibutuhkan. Baterai yang andal menjadi kunci kinerja optimal. Oleh karena itu perawatan terhadap baterai pada komputer jinjing perlu diperhatikan. Ada beberapa cara agar baterai yang disematkan pada komputer jinjing dapat bertahan lama.

Baterai notebook yang dapat diisi ulang biasanya terbuat dari nikel-kadmium (NiCD). Oleh karena itu, baterai notebook yang hendak dilakukan pengisian ulang dengan mencolokkan pada sumber daya listrik telah menunjukkan kondisi hampir habis. Hal ini agar ruang yang hendak diisi sumber daya listrik dapat berjalan sempurna.

Layar notebook membutuhkan daya yang tidak sedikit agar tampilan atau grafis disajikan dengan baik. Semakin cerah layar, semakin boros penggunaan baterai. Aturlah tingkat kontras (terang/gelap) dengan baik sehingga meringankan beban baterai.

Langkah lain yang juga menghemat baterai adalah memanfaatkan fitur pengaturan konsumsi baterai secara otomatis. Fitur yang terdapat dalam sistem operasi ini secara otomatis akan membuat notebook masuk dalam mode sleep atau tidur. Dengan demikian, layar dan harddisk yang saat itu tidak sedang digunakan dapat beristirahat dan memutuskan daya yang dibutuhkan.

Jangan lupa pula menonaktifkan peralatan yang tidak digunakan. Peralatan yang terkoneksi melalui USB (misalnya flashdisk atau printer) membutuhkan daya untuk mengirimkan data ke perangkat yang dituju. Segera nonaktifkan apabila peralatan pendukung selesai digunakan agar daya yang terdapat pada baterai notebook tidak terbuang  percuma. Mouse dan wireless keyboard pun dapat menguras daya pada baterai.

Maraknya pemanfaatan koneksi hotspot gratis acap membuat lupa menonaktifkan fitur koneksi Wi-Fi setelah keluar area hotspot. Gunakan fitur Wi-Fi hanya pada saat Anda ingin terhubung ke internet atau berbagi data dengan yang lain. Ketika selesai menggunakan jaringan nirkabel yang menggunakan Wi-Fi segera matikan fungsi ini. Dengan demikian , komputer atau notebook tidak terus melakukan pencarian terhadap hotspot yang ada disekitar dan menghabiskan daya pada baterai.

Membersihkan baterai juga merupakan cara untuk memperpanjang umur baterai notebook anda. Baterai yang kotor dan lembab dapat mengalaginya bekerja maksimal. Bersihka dengan kain halus atau kapas. Jauhkan pula notebook dari sumber panas, seperti cahaya matahari dan udara panas pada kendaraan.

Selain itu, mengosongkan arus pada baterai hingga benar-benar tak tersisa juga dapat memperpanjang usia baterai. Lakukan pengosongan setidaknya sebulan sekali dengan menggunakan notebook hingga benar-benar tidak memiliki daya. Ketika Anda tidak menggunakan notebook dalam waktu yang cukup lama, pastikan bahwa baterai masih memiliki muatan empat puluh persen  sebelum menyimpannya. Selain itu, pastikan baterai notebook berada dilokasi yang kering dan jauh dari udara panas.

Hal lain yang juga penting adalah agar selalu menggunakan produk baterai yang dianjurkan oleh produsen. Masing-masing produsen notebook memiliki spesifikasi yang berbeda satu dengan yang lainnya. Salah menggunakan baterai juga dapat merusak komponen yang ada di dalam sistem komputer Anda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar