16 April 2012

Jeli Memilih Produk Plastik


Image : http://martayovita.multiply.com/journal
Produk Plastik sebagai wadah makanan yang beredar di masyarakat saat ini sangat beragam, mulai dari warna, bentuk dan fungsi, kualitas hingga harga. Setiap produk menawarkan kelebihannya masing-masing sehingga para konsumen dituntut dengan jeli.

Pasalnya, memilih wadah makanan yang terbuat dari bukanlah perkara remeh. Salah pilih, kesehatan pemakai yang menjadi taruhannya. Apalagi kebanyakan pemakainnya adalah anak-anak yang memakai wadah bekal atau botol air minum ketika barada di sekolah. Sebaiknya orangtua tidak memiliki wadah makanan hanya karena bentuk dan warnanya yang bagus atau hargannya yang murah semata. Pilihlah yang aman bagi kesehatan. 

Sekilas memang semua wadah plastik tampak sama. Namun, tidak perlu cemas karena membedakan wadah plastik yang  aman dan berbahaya bagi kesehatan ternyata tidak sulit. Ketika memeilih, perhatikan tanda-tanda yang terdapat dibagian bawah wadah. Bila terdapat gambar garpu dan gelas, wadah plastik itu aman digunakan untuk makanan atau minuman.

Kemudian jika ada gambar tiga panah yang menghasilkan bentuk segitiga dengan angka lima didalamnya berikut tulisan “PP” dibawah segitiga, wadah tersebut juga aman. Selain itu, tanda yang menyatakan wadah plastik aman digunakan adalah tulisan “food grade” atau “aprproved by FDA”.

Sebaiknya, hindari membeli produk yang sama sekali tidak memiliki merek atau tanda. Bahkan, pastikan juga merek wadah plastik yang Anda beli telah dipatenkan sebab banyak ditemukan wadah plastik dengan merek yang belum dipatenkan dijual ke masyarakat. Defenisi merek yang paten sendiri berarti telah lulus uji standar kualitas dan produknya aman digunakan.

Kenali juga tanda-tanda lain yang erdapat di bawah wadah karena wadah makanan yang aman pun memiliki daya tahan yang berbeda. Aad wadah plastik yang dapat digunakan di microwave, ditandai dengan gambar garis bergelombang di dalam kotak. Sementara itu, wadah plastik yang tertera gambar ua garis horizontal yang terdapat di dalam kotak aman di gunakan di oven.

Kendati wadah plastik ang Anda pilih adalah wadah yang aman, aad baiknya tidak mengisi dengan makanan atau minuman yang panas serta beraroma tajam. Hal ini supaya wadah plastik Anda tidak cepat rusak penampilannya dan tahan lama digunakan. Selamat memilih wadah plastik yang aman serta sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar