14 April 2012

Fitur Kunci Pilih Monitor


Image : http://www.top10dir.com
Komputer jinjing seperti netbook atau laptop kian hari memang kian digemari. Belum lagi popularitas jenis tablet PC yang juga tak kalah menarik berkat sifatnya yang praktis, tetapi tetap multifungsi. Namun, ditengah maraknya perkembangan teknologi komunkasi dan informasi seperti ini, keberadaan komputer meja atau desktop masih belum terganti.

Dalam sebuah komputer, keberadaan monitor sangat esensial. Komputer merupakan alat output (keluaran) yang menghasilkan tampilan pada layar. Beriringan dengan kemajuan teknologi, monitor pun berkembang dari monitor tabung Cathode Ray Tube (CRT) menjadi monitor dengan layar datar (flat). Menurut teknologi pembuatannya, monitor bisa dibedakan menjadi CRT, Liquid Crytal Display (LCD), Light Emitting Diode (LED).

Jenis monitor yang paling banyak digunakan adalah LED dan LCD. Monitor LCD merupakan pengembangan dari CRT yang berbentuk layar datar dan lebih tipis daripada monitor tabung. Soal tampilan, gambar pada LCD memang lebih tajam. Namun syaratnya harus dilihat tegak lurus dari depan. Jika dilihat dari samping, layar akan terlihat lebih gelap.

Dibandingkan CRT dan LCD, LED memang lebih unggul. Tampilan gambar pada layar LED lebih tajam dan seakan tampak nyata. LED lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan merkuri, lebih tipis. Akan tetapi, keunggulan ini membuat harga LED lebih mahal dibandingkan CRT atau LCD.

Apapun jenis monitornya, sebelum membeli pastikan Anda memperhatikan sejumlah aspek seperti aspect ratio, contrast ratio, resolusi, response time, konektisitas, dan viewing angle (sudut pandang). Umumnya, ukuran lebar tinggi monitor adalah 4:3. Namun, kebutuhan pekerjaan yang berkaitan dengan data, video, atau desain, kini banyak dijumpai monitor dengan aspect ratio 16:9 atau 16:10.
Kemampuan monitor menampilkan detail warna dan gambar berkualitas adalah contrast ratio. Perbandingan brightness pada posisi paling putih dan paling hitam adalah aspeknya. Untuk resolusi, standarrnya 1024x768 megapiksel.

Response time adalah waktu yang dibutuhkan sebuah piksel untuk mengubah dari hitam ke putih dan sebaliknya. Semakin kecil nilai response time, kualitas monitor semakin bagus. Ukuran response time ditunjukkan dengan satuan millisecond.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar