12 April 2012

Sisi lain dari film kartun Donal Bebek


Donald Duck
Kartun adalah penggambaran tentang sesuatu secara sederhana, atau dengan cara yang dilebih-lebihkan, atau diplesetkan sama sekali, dengan tujuan menghadirkan sesuatu dengan lucu bahkan terkesan dungu. Tak jarang kita tertawa terbahak-bahak saat sedang monton kartun, tapi bagaimana bila ada orang/kelompok yang tersinggung dengan lelucon dalam kartun tersebut? Salah satu kartun kontroversial yang pernah beredar adalah kartun Donald Duck atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan sebutan Donal Bebek.

Donal Bebek adalah salah satu karakter Disney yang merupakan seekor bebek yang sering ditampilkan mengenakan baju pelaut biru / kelasi tanpa celana. Donal tampil pertama kali pada tanggal 9 Juni 1934 dalam kartun "The Wise Little Hen".


Donal membuat kopi pada film Der Fuehrer's Face.
Pada masa Perang Dunia II Donal Bebek juga digunakan sebagai propaganda berbentuk film, terutama pada film Der Fuehrer's Face yang muncul pada tanggal 1 Januari 1943. Didalam film itu, Donal bekerja di pabrik artileri di "Nutzi Land" (Nazi Jerman). Dia harus berjuang dengan waktu kerja yang sangat panjang, jumlah makanan yang sangat sedikit, dan harus memuja dan berkata Hail Hitler setiap dia melihat wajah Führer (Adolf Hitler). Terdapat banyak gambar Führer di tempat itu, contohnya saat Donal bekerja menutup amunisi, tiba-tiba muncul foto Führer, sehingga dia harus bekerja sambil berkata Hail Hitler. Bahkan, saat terdapat foto Führer yang terbalik, ia harus memujanya dengan keadaan terbalik dan berkata Hail Hitler. Foto Führer pun terus muncul dan sangat banyak, bahkan amunisi yang muncul dari yang sangat kecil sampai yang sangat besar, tentu saja hal ini membuat Donal sungguh menderita. Akhirnya Donal terbangun dan ternyata itu hanyalah mimpi buruk. Pada akhirnya, Donal melihat bayangan dan berkata Hail Hit.. namun ternyata itu adalah Patung Liberty dan lalu Donal bersyukur menjadi warga Amerika Serikat. Film Der Fuehrer's Face memenangkan Academy Award untuk Film Animasi Pendek pada tahun 1943, namun kini kartun ini telah dilarang beredar di televisi.

Donal Menghormati Fuhrer pada film Der Fuehrer's Face
Kartun lain yang ada di periode perang dan berkisah tentang kehidupan Donal di Angkatan Darat Amerika Serikat dan melakukan wajib militer dalam pelatihan dibawah sersan Boris. Misi pertama Donal adalah mensabotase lapangan udara Jepang. Kartun-kartun tersebut adalah:

No.
Nama film
Tanggal debut
1
Donald Gets Drafted
1 Mei 1942
2
The Vanishing Private
25 September 1942
3
Sky Trooper
6 November 1942
4
Fall Out Fall In
23 April 1943
5
The Old Army Game
5 November 1943
6
Commando Duck
2 Juni 1944

 Salah satu film kartun kontroversial Donald Duck "Der Fuehrer's Face"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar