24 Juni 2012

Gaya Hidup Hijau 5 R


Segala proses dalam kehidupan pastilah menghasilkan residu atau sisa yang antara lain berupa sampah. Boleh dibilang, menghilangkan sampah nyaris mustahil. Meski demikian ada cara lain untuk mengurangi jumlah sampah yang dibuang.

Mugkin Anda pernah mendengar istilah Reduce, Reuse, dan Recycle, atau 3 R sebagai gerakan “hijau” untuk meminimalkan jumlah sampah. Namun, kini ada tambahan lagi, yaitu istilah Replace dan Repair. Jika istilah-istilah tersebut agak membingungkan, mari simak penjelasan berikut.

Reduce, berarti mengurangi sampah. Salah satunya dengan cara mengurangi pemakaian dan atau pembelian bahan-bahan yang berpotensi sampah. Misalnya, dengan membeli barang-barang yang kemasannya tidak berlebihan.

Reuse adalah menggunakan kembali barang-barang yang masih bisa digunakan. Misalnya, membeli barang yang kemasannya bisa dipakai berulang kali. Jika memiliki pakaian bekas yang tidak muat di badan, berikan kepada yang lebih membutuhkan.

Recycle adalah menggunakan kembali barang-barang yang sudah tidak dipakai lagi. Hingga menjadi barang baru yang bernilai lebih dan dapat dimanfaatkan. Contohnya adalah mengolah sampah dapur atau sampah organik menjadi pupuk kompos. Atau memanfaatkan bungkus-bungkus diterjen dengan mengubahnya menjadi tas.

Sementara itu, replace berarti menganti barang-barang yang sekali pakai dengan barang-barang yang tahan lama dan dapat dipakai berulang-ulang. Langkahnya sederhana saja. Misalnya menganti kantong plastik belanjaan dengan kantong kain yang dapat dibawa berulang-ulang. Dengan membawa kantong kain sendiri saat belanja , berarti Anda dapat menghemat penggunaan plastik dan mengurangi sampah.

Terakhir adalah repair. Repair diartikan sebagai langkah untuk memperbaiki barang-barang yang rusak agar dapat digunakan lagi. Manfaatnya, Anda tak harus membeli barang-barang baru jika bisa menggunakan barang-barang lama yang masih berfungsi dengan baik.

Reduce, reusu, recycle, replace, dan repair, atau 5 R memang alternative langkah jitu yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi jumlah sampah. Caranya pun tidak sulit. Anda juga dapat membiasakan diri menerapkan 5 R ini dalam lingkungan keluarga Anda. 

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar