01 Juni 2012

Cerdas Taklukkan Bahasa Asing Lewat Budaya


Tidak Bisa dipungkiri bahasa dan budaya adalah dua hal tak terpisahkan. Lihat saja dengan dipakainya bahasa Inggris, Mandarin, Jepang sebagai bahasa internasional, akses kepada budaya bangsa tersebut pun menjadi terbuka.

Menurut pakar pendidikan Aubrey Neil Leveridge, hubungan antara bahasa dan budaya sangat dalam dan berakar. Bahasa digunakan untuk melestarikan dan menyebarkan budaya serta nilai-nilainya. bahkan banyak orang-orang mengaku tertarik mempelajari suatu bahasa karena budaya negara pemilik bahasa tersebut begitu mengagumkan.

Keuntungan untuk memepelajari suatu bahasa lewat kebudayaannya adalah Anda akan memahami tak hanya sekedar bahasa lisan atau tulisan. Tetapi juga bahasa tubuh, isyarat dan bahasa yang diidentikkan dengan dengan konteks tertentu. Hasilnya, saat bahasa telah dikuasai, Anda tak hanya menguasai bahasa tersebut secara struktural dan gramatikal , tetapi juga mendapat gambaran akan bahasa sosial, bahasa yang “tidak tampak”, sekaligus budaya sebagai akar bahasa tersebut. Menarik bukan?

Pertama, mungkin anda suka menonton film-film asing seperti film barat, jepang, korea, dan lain-lain. Dengan sering menonton film akan melatih kemampuan Anda dalam mendengarkan pengucapan kata dari masing-masing bahasa. Cara ini begitu mengasyikkan karena selain memberi hiburan juga menambah wawasan apabila film tersebut mengandung unsur budaya. 

Kedua, “eksplorasi” native teacher yang ada di institusi tempat Anda belajar. Bila di kelas, Anda sudah cukup puas dengan sisi struktural dan gramatikal, mengapa tidak bertanya dan mendiskusikan hal-hal umum yang terdapat dinegaranya saat tersedia waktu luang? Bercakap-cakap tentang tarian, lagu tradisional, atau tradisi menarik lainnya terasa lebih menarik, dan kemampuan berbicara (speaking) Anda juga semakin terasah.

Ketiga, cari lembaga atau institusi bahasa yang tidak hanya menawarkan kursus bahasa saja tetapi memberi kesempatan bagi Anda untuk mengeksplorasi budayanya. Saat ini lembaga atau institusi tentu berlomba-lomba memberikan yang terbaik, sehingga menuntut kejelian Anda saat memilih. Tanyakan setiap informasi secara detail agar tidak menyesal dikemudian hari. 

Ayo, segera taklukkan dunia dengan bahasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar