02 Juli 2012

Berkenalan dengan “Nepenthes”


Nepenthes rajah
Pernah mendengar tanaman kantong semar? Tanaman ini dikenal karena bentuknya yang unik dengan salah satu daun yang berbentuk kantong untuk menangkap mangsa. Kantong semar atau nepenthes dalam bahasa Inggris disebut tropical pitcher plant. Tanaman unik ini bisa ditemukan di Indonesia, China, Malaysia, Filipina, Mandagaskar, Kaledonia Baru, Idia, Sri Lanka, dan Australia.

Di Indonesia terdapat lebih dari 60 spesies kantong semar. Di Kalimantan terdapat sekitar 32 jenis, kantong semar, di Sumatera 29 jenis, Sulawesi 10 jenis, Papua 9 jenis, Maluku 4 jenis, dan Jawa 2 jenis.

Melihat lokasi kantong semar yang tersebar di berbagai daerah, tak heran sebutannya pun berbeda-beda. Diantaranya adalah kantong beruk (Jambi), periuk monyet (Riau), sorok raja mantra (Jawa Barat), ketakung (Bangka), telep ujung (Dayak Bakumpai), ketupat napu (Dayak Katingan), dan selo bengongong (Dayak Tunjung).

Kantong semar memang unik. Tanaman ini memiliki kantong berwarna merah yang menebarkan aroma manis yang memikat mangsa. Binatang yang tertarik akan mendatangi kantong semar dan tergelincir masuk ke dalam kantongnya yang licin. Di dalam kantong tersebut terdapat enzim proteolase untuk mencerna tubuh mangsa.

Banyak spesies kantong semar yang mengincar serangga seperti semut, lalat, dan serangga lainnya. Namun, ada pula spesies kantong semar yang memakan sisa-sisa dedaunan tumbuhan atau kotoran burung. Selain mampu menjebak mangsa, jenis-jenis kantong semar memiliki bentuk kantong (bentuk oval, silinder, corong, atau tempayan), ukuran, dan motif warna kantong.

Keunikan-keunikan inlah yang membuat tanaman kantong semar diburu para kolektor. Jenis-jenis kantong semar yang banyak dicari adalah Nepenthes inermis, Nepenthes ampularialowland, dan Nepenthes pyriformis.

Nepenthes inermis

Nepenthes ampularialowland

Nepenthes pyriformis

Kantong semar merupakan salah satu jenis tumbuhan langka dan bahkan beberapa diantaranya di ambang kepunahan. Sebagai salah satu bentuk pelestarian, kantong semar ditetapkan sebagai tanaman yang dilindungi negara menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 Tentang Jenis-Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi

Mata dunia pun memandang kantong semar sebagai salah satu tanaman yang perlu dijaga kelestariannya. Hal ini tertuang dalam Convention of International Trade in Endangered Species (CITIES) sebagai tanaman yang rentan kepunahan. Salah satu penyebab kepunahan kantong semar adalah pembalakan liar atau penebangan hutan besar-besaran. Habitat alami kantong semar pun terancam. Belum lagi penjarahan tanaman ini oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sebagai salah satu orang Indonesia, apa yang Anda lakukan untuk mendukung kelangsungan tanaman langka ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar