05 Juli 2012

Rapi Menyimpan Bahan Makanan


Mempersiapkan bahan makanan adalah hal yang jamak sebelum memasak. Bahkan, di zaman serba sibuk ini, banyak ibu yang menyimpan kebutuhan memasak selama seminggu, atau bahkan lebih. Mereka umunya merencanakan hidangan yang hendak dimasak dari jauh hari. Untuk itu di butuhkan lemari es sehingga bahan makanan dapat bertahan lama.

Mengingat vitalnya peran lemari es bagi keluarga modern, perawatan yang baik perlu diupayakan. Salah satu caranya adalah menempatkan bahan makanan pada rak-rak lemari es dengan rapi. Berikut ini beberapa tips praktis menyimpan bahan makanan.

Pertama, jangan mengisi lemari es hingga penuh sesak. Hal tersebut akan menganggu sirkulasi udara dingin yang seharusnya merata ke seluruh bagian sehingga beberapa bahan makanan tidak menerima udara sejuk yang dibutuhkan.

Selanjutnya, untuk menyimpan daging sapi, ayam, atau ikan sega, sebaiknya Anda memindahkannya ke dalam wadah plastik penyimpan makanan yang memiliki fitur food grade bertutup rapat untuk diletakkan di freezer. Jika tidak memiliki wadah tersebut, Anda tetap dapat menyimpannya dalam wadah plastik penyimpanan dalam bungkusan plastik dari supermarket, asalkan tidak memakai alas Styrofoam.

Pada rak freezer, Anda dapat menyimpan es batu, es kri, dan makanan beku. Namun, pastikan anda tidak menaruh bahan makanan apa pun ke atas es batu. Anda tentu tidak ingin minuman sirup dingin yang disajikan mempunyai rasa ikan kan!?

Nah, penyimpanan produk olahan susu (dairy) ke dalam lemari es juga mempunyai cara tersendiri. Jenis produk ini dapat diletakkan di bagian atas. Tepat di bawah freezer yang langsung mudah terlihat. Jika masih belum dipakai, biarkan bahan-bahan tersebut tetap dalam kemasannya.

Lain bila susu sudah dipakai dalam adonan kue atau dituangkan ke gelas, sebaiknya jangan dimasukkan lagi ke kemasan asal. Anda dapat menambahkan plastik di bagian atas mangkuk atau gelas yang menjadi wadahnya.

Hindari pula menyimpan susu dalam wadah plastik. Lebih baik Anda menggunakan wadah berbahan kaca atau gelas setelah menuangnya dari kemasan karton. Seudah memakai keju padat, bungkus kembali sisa makanan tersebut dengan aluminium foil atau plastik bening agar bersih dan awet.

Tips lainnya ialah memisahkan penyimpanan buah dan sayur. Sayuran sebaiknya ditempatkan pada rak paling bawah , sedangkan buah pada rak di atasnya. Bungkus dalam plastik yang sudah dilubangi dan dipisahkan menurut jenisnya. Tujuannya menjaga kelembaban buah dan sayuran dulu sebelum memasukannya ke lemari es. Pasalnya hal itu akan memperlambat proses pembusukan.

Tak ketinggalan, saat menyimpan sisa hidangan sebaiknya pindahkan dulu  ke dalam wadah plastik yang kedap udara, baru dimasukkan ke lemari es. Hindari memasukkan lauk ketika masih panas karena dapat merusak lemari es.

Di samping itu, bila sudah menbuka buah segar dari kemasan kaleng, sisanya bisa di pindah ke wadah lain. Pasalnya, bila tetap disimpan di dalam kaleng, buah tersebut akan meninggalkan rasa logam saat dikonsumsi kembali.

Terakhir, susunlah wadah penyimpanan dengan rapi sesuai dengan ukurannya sehingga mempermanis tampilan lemari es Anda.


Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar