05 Juli 2012

Menjaga Kesehatan Hati (Lever)


Hati atau lever merupakan organ vital yamg mempunyai fungsi mengatur metabolisme dalam menjaga kesehatan tubuh. Hati melakukan detoksifikasi dengan membuang obat-obatan, alkohol, dan bahan kimia berbahaya lainnya dari aliran darah. Selain itu, memproses secara kimia sehingga bisa dikeluarkan dari tubuh lewat sistem pencernaan atau saluran kemih.

Hati juga mempunyai fungsi lainnya yaitu menghasilkan hemoglobin, menghasilkan cairan empedu, mengontrol produksi kolesterol, dan menyimpan kelebihan vitamin A, D, E, dan K serta cadangan glukosa.

Bisa dibayangkan bila hati tidak berfungsi dengan baik, tubuh anda tidak mempunyai saringan segala macam bakteri dan kotoran. Layaknya pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati, hati harus kita jaga kesehatannya. Berikut ini adalah cara pencegahannya.

Pilih makanan yang tepat dan bergizi. Dengan cara ini organ hati berfungsi lebih efesien sehingga berdampak berdampak pada kesehatan secara menyeluruh. Diet seimbang juga dapat meregenerasi sel hati yang rusak oleh virus hepatitis sehingga bisa membentuk sel-sel hati baru.

Batasi asupan kalori dalam bentuk karbohidrat untuk menghindari organ hati berlemak dan disfungsi hati. Jangan sampai lemak lebih dari 30 persen dari total kalori seseorang karena dapat membahayakan kardiovaskular. Batasi juga asumsi alkohol agar metabolisme organ hati tetap baik.

Berhenti merokok dan menjauhi asap ataupun asap beracun lainnya. Biasanya asap beracun tersebut akan masuk ke pembuluh darah kecil dalam paru-paru dan dibawa ke hati, lalu mengalami detoksifikasi dan dihilangkan empedu. Oleh karena itu, jumlahnya harus dikontrol agar hati tidak rusak.

Cucilah tangan Anda dengan sabun dan air bersih setelah buang air besar/ kecil, dan sebelum memegang makanan. Hal ini juga untuk mencegah penularan hepatitis A. Jangan lupa untuk minum air yang bersih untuk membantu kerja hati dalam membersihkan makanan yang masuk.

Handari makanan dengan pemanis buatan yang menjadi racun bagi hati dan menyebabkan hipoglekimia serta keletihan. Bila ingin sesuatu yang manis bisa mengkonsumsi buah segar atau madu. Hal ini juga bisa membantu menghindari konstipasi dan mencegah pertumbuhan organism jahat dalam usus besar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar