26 Desember 2011

Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan


Khasiat The Hijau (Green Tea) bukan sekedar legenda, riset mutakhir pakar kesehatan dan gizi telah banyak membuktikan manfaat The Hijau bagi kesehatan. Banyak pakar yang memasukkan The Hijau sebagai “Fuctional Foods” yaitu suatu makanan yang sehat dan alami. Beberapa manfaat the hijau yang dapat disarikan berdasarkan riset yang pernah dilakukan antara lain adalah:


1. MENCEGAH KANKER
Epigallocatechin Gallate merupakan senyawa aktif yang terkandung di dalam teh hijau, senyawa ini sangat potensial untuk menghambat aktivitas dari senyawa karsinogenik pembentuk kanker.

2. MENCEGAH DARAH TINGGI
Epigallocatechin Gallate juga berfungsi menghambat aktivitas ensim Agiotensin Transferase penyebab timbulnya tekanan darah tinggi.

3. MENYEGARKAN TUBUH
Kafeine/Tehine dari teh hijau mampu menstimulasi system syaraf pusat dan mempunyai efek menyegarkan tubuh.

4. MENANGKAL KOLESTEROL
Penimbunan lemak akibat beraksinya LDL dengan hasil samping metabolisme  dapat dihambat oleh senyawa Flavonoids & Phenolic yang terdapat dalam teh hijau.

5. MENCEGAH INFLUENSA & MENGOBATI DIARE
Senyawa Cathecin yang terdapat dalam teh hijau mempunyai sifat anti mikrobia , senyawa ini juga mampu menonaktifkan virus penyebab influenza.

6. MEMPERLAMBAT PROSES PENUAAN
Senyawa Polyphenol dalam teh hijau merupakan senyawa antioksidan  yang mampu menetralisir hasil samping metabolisme penyebab proses penuaan.

7. MENCEGAH KARIES PADA GIGI
Mineral Fluour (F) cukup banyak terdapat dalam teh hijau, selain itu senyawa polyphenol yang ada akan menghambat aktivitas bakteri mulut. Kedua hal tersebut akan mencegah timbulnyanya kerusakan pada gigi.

8. MENGOPTIMALKAN METABOLISME GULA
Mineral Mangan (Mn) yang terkandung dalam teh hijau merupakan CO-ensim pada metabolisme gula, hal tersebut akan menjaga kita terhadap kenaikan gula dalam darah.

Itu tadi segudang manfaat mengkonsumsi teh hijau. Bagi kamu yang hendak menjadikan minum teh sebagai gaya hidup, tidak salahnya mulai mencoba mengkonsumsi teh hijau. Cukup dengan 1 gelas per hari dan rasakan manfaatnya.


PUSTAKA
Dreosti, I.E. (1995). Bioactive Ingredients : Antioxidant & Polyphenol. First International Conference on East-West.
Persepective on Fuctional Foods.

ILSI. Singapore, September 26-29, 1995.


Fujiki, H. (1995). Green Tea As A Cancer Preventive Material in Humans. First International Conferences on East-West Perspective on Functional Foods.

ILSI. Singapore, September 26-29, 1995.


OGUNI, I. (1994). Green Tea and Human Health : Focused on Cancer Prevention.
Seminar sehari hubungan kebiasaan minum teh dengan kesehatan.

PERSAGI, Semarang. 16 November 1994.

Skanaka, S. (1994). Efek Pencegahan Penyakit Gigi oleh Poliphenol di dalam teh.
Seminar sehari hubungan kebiasaan minum teh dengan kesehatan.

PERSAGI, Semarang. 16 November 1994.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar