23 November 2011

Freelance!? Kenapa Tidak!!!



Sudah punya pekerjaan tetap namun jumlah pendapatan belum memuaskan. Ingin segera memiliki pendapatan, namun masih terhambat dengan kendala studi seperti sekolah ataupun kuliah. Atau bisa juga anda memiliki skill namun karena syarat administrasi yang mengharuskan anda memiliki ijazah anda berulangkali ditolak oleh perusahaan atau tempat anda ingin bekerja. Tapi tidak  ada masalah yang tak dapat diselesaikan.


Bagi anda yang pernah atau sedang mengalami  kendala diatas, freelance merupakan solusi yang tepat. Tidak ada salahnya anda mencoba menjadi freelance, bahkan banyak memberikan keuntungan. Disamping memperoleh pendapatan anda bebas mengatur kapan anda hendak menerima order dan tarif atas pekerjaan anda.

Pada dasarnya pekerjaan-pekerjaan freelance tidak hanya ditimbulkan dari niat untuk memperoleh pendapatan (uang) melainkan timbul dari kesenangan atau hobby. Inilah yang menjadi perbedaan antara mereka yang bekerja sebagai pegawai tetap dengan freelancer. Para freelancer biasanya lebih mencintai atau enjoy dengan apa yang mereka kerjakan. Berbeda dengan para pegawai tetap dikantoran yang harus berhadapan dengan rutinitas dan aturan-aturan kantor yang memaksa mereka untuk terus bekerja. Belum lagi menghadapi atasan yang tidak jarang menyebabkab stress.

Berarti freelance bisa bertindak sesuka hatinya donk??!! Tentu TIDAK!!! Walaupun freelance bersifat bebas dalam mengatur waktu kerjanya, seorang freelance (freelancer) harus terus melakukan inovasi dan menjaga kepercayaan pelanggan mereka. Terus belajar…Inovasi…dan Konsistensi…adalah hal yang wajib dilakukan oleh mereka yang berniat menjadi seorang freelance.


Bagaimana…???


Tertarik….???


Berikut ini adalah contoh profesi-profesi  freelance yang mungkin dapat menarik minat kamu.


1.  PENULIS
















Menurut saya, penulis merupakan profesi freelance yang sangat klasik. Mengapa??? Profesi ini sudah terkenal sebelum teknologi informasi berkembang pesat seperti saat ini. Siapa yang tidak kenal dengan Jakob Oetama (Pendiri Koran Kompas) atau Chairil Anwar (Pelopor Angkatan 45). Menjadi penulis bukan hanya menulis buku ilmiah dan artikel namun juga novel, cerpen, ataupun puisi. Media tulisan juga sudah semakin banyak. Tidak hanya di media cetak seperti Buku, Koran, jurnal atau majalah. Web dan blog juga dapat mejadi media menulis yang menghasilkan profit. Jadi bagi kamu yang memiliki bakat ataupun sekedar hobby, mejadi penulis adalah langkah yang patut dicoba.


2. PENYANYI






















Sering diajak pak RT untuk nyanyi pada acara sunatan atau  pernikahan di kompleks dekat rumah anda!? sering tampil menyanyi di acara ibadah Gereja!? Atau pernah menjadi nominasi bahkan juara lomba nyanyi di acara 17 Agustus-an!? Kalau anda pernah mengalami salah satu hal diatas, mungkin saja anda punya potensi dalam hal ini. Ngak mungkin kan mereka mau mendengarkan anda menyanyi apabila suara anda dikategforikan fals!?. Hal ini menunjukkan suara anda bagus atau setidaknya “enak di dengar”. Penyanyi (Singer) adalah salah satu profesi freelance yang cukup menjanjikan. Banyak tempat seperti cafe, restoran, atau event-event yang membutuhkan penyanyi untuk mengisi  acara mereka. Tidak jarang juga mereka yang memiliki profesi tetap seperti pegawai kantoran, guru bahkan supir angkutan umum menjadi freelance di bidang ini. Namun selain suara penampilan juga menjadi hal yang penting. Jadi kenapa anda tidak mencobanya.


3. TEKNISI KOMPUTER






















Suka mengotak-atik hardware komputer dan dapat memasangnya kembali dengan benar. Dapat memasang system operasi dan program-program lainnya ke dalam PC atau Laptop merupakan gambaran awal anda sangat menyukai profesi ini. Kebutuhan akan peningkatan performa komputer dan kemampuan dalam mengatasi kerusakan hardware atau system operasi menyebabkan bermunculannya jasa servis komputer dan laptop. Selain itu jasa ini tidak memakan ruang (tempat pertemuan dengan klien). Usaha ini dapat dilakukan dirumah. Ketepatan diagnosa  kerusakan dan ketepatan waktu pengerjaan menjadi modal utama di profesi ini. Selain itu tingkat kepercayaan dan koneksi terhadap pengadaan peralatan komputer menjadi faktor pendukung lainnya.



4. DESAINER GRAFIS

















Dengan semakin maraknya industi kreatif dan periklanan, maka semakin banyak pula kebutuhan akan mereka yang menguasai di bidang ini. Profesi ini sangat cocok bagi mereka yang suka membuat gambar illustrasi,  merancang layout ataupun bagi mereka yang senang mengedit image. Namun tidak berbeda dengan profesi-profesi sebelumnya. Hal-hal dasar seperti kreatifitas, kepekaan warna, penguasaan alat dan software desain grafis serta ketepatan waktu pengerjaan adalah modal utama dalam profesi ini.


5. FOTOGRAFER

     


















   
Jepret sana…jepret sini. Awalnya hanya untuk kesenangan pribadi dalam mengabadikan moment-moment penting disekitar anda. Tapi jangan salah foto-foto hasil  jepretan anda tersebut bisa saja menghasilkan uang. Banyak media cetak yang menerima hasil jepretan anda untuk iklan suatu produk. 
     
     Tidak kalah juga di dunia maya. Cek saja di internet begitu banyak situs-situs yang membeberan hasil karya mereka yang dapat ditukar dengan sejumlah rupiah.  Tidak ada salahnya bagi anda yang hobi mengumpulkan berbagai foto menarik untuk berpfofesi di bidang ini.


6. PENERJEMAH






















Punya kemampuan dalam bahasa asing seperti bahasa Inggris, Mandarin, Korea ataupun Prancis!? Mengapa tidak mencoba menjadi penerjemah! Kebutuhan akan pendidikan dan hiburan yang semakin tinggi menimbulkan keinginan banyak orang untuk membaca buku dan menonton film-film luar negeri. Namun perbedaan bahasa sering mengakibatkan penghalang bagi kebanyakan orang.

Tidak hanya menerjemahkan kata-kata dalam bentuk tulisan, pemandu wisata bisa juga dikategorikan penerjemah. Bagi kamu yang tinggal di daerah dan memiliki potensi alam yang menarik wisatawan asing ini adalah peluang yang sangat potensial untuk profesi ini. Namun hal ini harus dibarengi dengan penguasaan budaya dari daerah yang kamu tempati.


7. PROGRAMMER





















Dari semua profesi yang telah dijabarkan diatas menurut saya profesi ini adalah yang tersulit. Untuk menjadi serang programmer penguasaan bahasa program adalah hal yang mutlak kamu kuasai, dan itu memakan waktu yang tidak sebentar. Pekerjaan ini dikususkan bagi kamu yang sudah menguasai hal tersebut. Namun tidak jarang kita lihat banyak programmer yang sukses tanpa harus belajar ditingkat universitas. Produk yang dihasilkan oleh programmer biasanya berupa web ataupun software komputer.


Itu tadi sekilas pemaparan beberapa profesi freelance yang sangat potensial dalam menambah pendapatan kamu. Namun sebelum memilih profesi tadi ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk menjadi freelancer. CHEK THIS OUT!!!

  1. Kenali karakter dan kemampuan anda masing-masing. Hal ini sangat perlu agar anda betul-betul memahami dan menyukai pekerjaan yang anda lakukan.
  2. Cari sebanyak-banyaknya informasi tentang pekerjaan yang anda geluti. Misalnya dari Koran, Internet atau mereka yang pernah bekerja dibidang itu.
  3. Pikirkan sebab dan akibat sebelum anda melakukan pekerjaan tersebut. Jangan hanya mikirin duitnya aja bro!!! Namun pembelajaran yang akan didapat dari pekerjaan tersebut.
  4. Dan yang terpenting adalah freelance bertujuan awal untuk menambah pendapatan bukan pekerjaan utama (walaupun tetap ada kemungkinan ), jadi kamu juga harus memiliki rencana lainnya untuk masa depan yang lebih baik.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar