11 Juli 2009

Wabah Insomnia

Tidur merupakan kegiatan rutinitas setiap orang di dunia. Suatu hal yang sangat sederhana namun sangat berpengaruh dalam mengendalikan irama kehidupan kita sehari-hari. Dengan tidur yang cukup dan berkualitas akan membantu kita memiliki energi dan gairah dalam menjalani aktifitas. Setiap manusia menghabiskan seperempat sampai sepertiga dari kehidupannya untuk tidur. Walaupun tidur merupakan hal yang sangat sederhana, namun hampir setiap manusia pernah mengalami gangguan tidur.



Insomnia merupakan suatu gangguan tidur sehingga tidak bisa mencapai kualitas tidur normal yang mengakibatkan selalu merasa letih dan lesu sepanjang hari dan secara terus-menerus (lebih dari 10 hari). Apabila dalam keseharian anda selalu mengalami keletihan akibat tidur dimalam hari yang tidak lelap dan terus berlanjut, anda memiliki lingkaran gelap dan membengkak di sekitar mata anda, ataupun anda tidak bisa tidur pada jam yang semestinya, mungkin saja anda telah mengidap Insomnia.

Jangankan untuk terlelap, rasa kantuk pun tak sedikitpun datang ketika malam. Apakah penyebab Insomnia? Menurut Dr. Nurmiati Amir SpKJ, dari bagian Psikiatri Fakultas Kedokteran UI, penyebab Insomnia adalah perubahan pada struktur kimia otak dan hormon otak, serta terdapat gangguan psikiatrik. Gangguan psikiatrik yang menjadi penyebab Insomnia misalnya kecemasan, depresi, dan penggunaan zat-zat tertentu. Selain itu kondisi medis juga bisa menjadi penyebab Insomnia, seperti asma, rematik, dan efek samping pengobatan.

Spesialis Kesehatan Jiwa, Prof. Dr. HM Syamsulhadi SpKJ, menyebutkan, setidaknya ada 5 jenis gangguan tidur, yakni Early InsomniaMiddle InsomniaLate InsomniaIntermittent Insomnia, dan Total Insomnia. Early Insomnia yaitu mengalami susah tidur. Middle Insomnia dialami bila seseorang sering terbangun di sela tidur meski bisa tidur pada waktunya. Late Insomnia terjadi pada orang yang bisa tidur dengan mudah, tapi bangun lebih awal dari jamnya dan susah tidur lagi setelah terbangun. Intermittent insomnia, orang sering sering terbangun atau tidur selalu terputus. Dan terakhir Total Insomnia, tidak bisa tidur sama sekali.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi Insomnia:


1. Kenali Penyebab Stres
Stres merupakan faktor yang paling sering mempengaruhi gangguan tidur terhadap banyak orang. Stress diakibatkan banyaknya kegiatan-kegiatan yang ditujukan terhadap seseorang sementara individu yang bersangkutan tidak memiliki sumber daya yang mencukupi untuk menyelesaikan pekerjaan atau aktivitas tersebut. Alhasil orang tersebut mengalami kecemasan, kegelisahan yang terus berlanjut dan menyebabkan pikiran tidak tenang, misalnya : tugas-tugas kantor yang harus mengejar deadline, ketidakpuasan atasan atas hasil kerja, kesulitan menyusun skripsi, keuangan yang tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari, lamaran kerja yang sering di tolak, kesulitan dalam mengurus anak, hubungan keluarga yang tidak harmonis, sampai pada patah hati diputus oleh sang pacar. Akibatnya mata pun sulit terpejam meski tubuh telah terbaring dikasur empuk.


Daripada pikiran terus dihantui stres cobalah untuk menuliskan semua beban pikiran dan kegelisahan yang anda rasakan di atas kertas. Hal ini akan membantu anda untuk menentukan langkah untuk mengatasinya satu persatu. Cobalah untuk berkonsultasi dengan orang yang memiliki pengalaman mengatasi masalah yang Anda alami (teman, saudara, orang tua, kakak senior, dosen, rekan kerja ataupun atasan anda). Saat pikiran sudah plong, tidur akan menjadi lebih berkualitas.

2. Pola makan yang baik dan rutin berolahraga
Pola makan teratur juga membantu ganguan tidur. Obesitas (kegemukan) menyebabkan pembuluh darah menyempit dan nafas sesak yang menyebabkan Anda sulit tidur. Olahraga secara teratur sangat baik untuk melancarkan peredaran darah dan kolesterol dalam darah. Apabila Anda orang yang sangat sibuk di pagi hari cobalah memilih waktu berolah raga pada sore hari atau menyisakan waktu di akhir pekan untuk berolah raga.

3. Hindari kafein
Bukan hanya kopi, tapi juga the dan minuman bersoda mengandung kafein. Hindari minuman tersebut pada malam hari.

4. Lakukan aktivitas memancing kantuk
Jangan hanya memandangi langit-langit kamar dan memikirkan cara untuk tidur. Lakukan aktivitas sebelum tidur untuk memancing kantuk, misalnya membaca buku cerita atau novel, mendengarkan musik yang lembut atau menonton televise sambil berbaring. Saat tubuh rileks dan siap untuk tidur segeralah naik ketempat tidur.

5. Relaksasi
Bayangkan Anda sedang berada ditempat yang paling disukai dilokasi yang sudah lama Anda impikan, biarkan seluruh otot dari kaki hingga kepala menjadi rileks. Mengunjungi tempat rekreasi yang berisi pemandangan alam juga dapat membantu anda untuk berlatih relaksasi.

Wabah Insomnia merupakan penyakit yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebagai manusia yang hidup di lingkungan yang selalu menuntut kita untuk berpacu dan bersaing dalam mewujudkan cita-cita, kondisi yang prima merupakan modal utama. Salah satu cara untuk mendapatkannya tentu dengan tidur yang berkualitas. Apabila dengan tidur yang berkualitas saja anda dapat memperoleh modal yang sangat berharga dalam menjalankan kehidupan, apalagi kalau faktor yang lainnya dapat terpenuhi. Tentu kehidupan ini akan menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar